Anniversary 4 Tahun TRCI Jogja – Solo (JOGLO)

Toyota Rush Club Indonesia (TRCI) Jogja Solo (Joglo) merupakan klub otomotif yang melibatkan keluarga dalam setiap kegiatannya. Hal itu karena tujuan utama membentuk klub (TRCI Joglo) adalah silaturahmi, kekeluargaan, dan berkegiatan sosial.

Kendati anggota TRCI Joglo tersebar di wilayah Jogja dan Solo namun tak menghalangi mereka untuk tetap terhubung sebagai saudara dalam lingkup keluarga besar di klub tersebut. “Kami menggelar kopdar satu bulan sekali setiap Sabtu malam di pekan ke empat. Pertimbangannya agar istri dan anak-anak anggota bisa bertemu pas kopdar. Lokasinya pun bergantian antara Jogja dan Solo,” terang Ketua TRCI Joglo, Nugroho, yang akrab disapa Nugie.

Tidak hanya kopdar rutin, namun berkegiatan lain juga menjadi agenda TRCI Joglo, seperti touring, bakti sosial, dan menghadiri ulang tahun komunitas otomotif lainnya. Di sinilah betapa peran istri anggota TRCI Joglo sangat terasa. Mereka seperti layaknya saudara dalam sebuah keluarga besar, langsung berkoordinasi tanpa diperintah Ketua TRCI Joglo, ibu-ibu menyiapkan apa saja yang perlu dibawa. “Terutama urusan logistik alias makanan yang akan dibawa saat touring atau jalan bersama. Ada yang bawa nasi, lauk, jajan, pokoknya dibahas bersama,” ujar Nurul, Eny, dan Yeni, istri anggota TRCI Joglo.

Menurut Nugie memang di TRCI Joglo semua diatur secara kekeluargaan dan sampai saat ini semua berjalan dengan baik. “Karena kami mengusung semboyan, mangan ora mangan sing penting kumpul, yen wes kumpul mangan-mangan. [makan tidak makan yang penting berkumpul, kalau sudah berkumpul makan-makan]. Jadi kebersamaan terlebih dahulu, urusan makan-makan biasanya mengikuti dengan sendirinya,” terang Nugie yang langsung diamini anggota dan pengurus lainnya. Mereka berharap anggota TRCI Joglo tetap guyub, rukun, dan terus menjaga persaudaraan yang sudah terjalin dengan baik.

Merayakan hari lahir tak selamanya dengan pesta pora atau sesuatu yang hingar bingar. Karena ada cara lain yang bisa dilakukan sebagai bentuk perayaan. Salah satunya berbagi kebaikan dengan mereka yang membutuhkan, menjadikan perayaan hari lahir lebih berkesan. Itulah yang dilakukan Toyota Rush Club Indonesia (TRCI) Jogja Solo (Joglo) saat merayakan hari lahir terbentuknya klub otomotif yang mewadahi pemilik mobil Toyota Rush di wilayah Jogja dan Solo. TRCI Joglo memilih tak menggelar pesta atau sesuatu yang bersifat hura-hura, mereka memilih berkegiatan sosial sebagai rasa syukur.

Ya TRCI Joglo memilih membantu air bersih saat memperingati 4 tahun terbentuknya klub otomotif tersebut. Kelurahan Girikikis, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri menjadi lokasi bakti sosial bantuan air bersih klub yang selalu melibatkan keluarga dalam kegiatannya tersebut. Di kelurahan yang kekurangan air tersebut anggota TRCI Joglo merayakan ulang tahun dengan berbagi 20 tangki air bersih di mana kapasitas per tangkinya 6.000 liter air. Kegiatan sosial tersebut pun dihadiri Pengurus TRCI Chapter Jawa Timur, Hardi dan Budi, serta dari TRCI Chapter Dermayon, Cirebon, Hadi. “Malam sebelum acara bakti sosial kami menggelar syukuran dengan potong tumpeng, paginya [Minggu 13/10] baru membantu air bersih,” jelas Ketua TRCI chapter Jogja Solo (Joglo) Nugroho “Nugie” dan Wakil Ketua TRCI Joglo, Yunus Setiawan, kepada Espos, Rabu (16/10). Bakti sosial saat merayakan ulang tahun sepertinya

Menjadi kebiasaan TRCI Joglo. Karena faktanya tahun lalu saat HUT ke-3 TRCI Joglo pun menggelar bakti sosial di Desa Demangan, Karangdowo, Kabupaten Klaten. “Pas Hut ke-3 kami juga memberi bantuan air bersih. Memang berkegiatan sosial dan melibatkan keluarga menjadi kekhasan TRCI Joglo,” ujar Yunus yang diamini penasihat TRCI Joglo, Banyu Lanjar. Keterlibatan istri, anak atau keluarga anggota TRCI Joglo memang sangat kental. Ketika membahas kegiatan sosial membantu air bersih, tidak hanya anggota dan pengurus TRCI Joglo saja yang hadir, istri dan anak-anak pun ikut mendampingi. Demikian juga ketika Espos bertemu dengan jajaran pengurus dan anggota TRCI Joglo, selain bertemu Nugie, Yunus, Sasangka, Kurniawan, Banyu Lanjar, dan Triyono, saat itu hadir pula Nurul, Eny, dan Yeni istri dari anggota TRCI Joglo. “Ya seperti ini, kami para istri dan anak-anak ikut kalau TRCI Joglo ada kegiatan, tidak hanya kopdar namun kegiatan lain. Seperti sebuah keluarga besar, dari awalnya tidak kenal akhirnya kenal dan menjadi saudara,” ujar Eny, Yeni, dan Nurul kompak.

Menurut Banyu Lanjar, sebagai sebuah keluarga saling peduli menjadi hal yang biasa. Ketika ada anggota atau keluarga anggota TRCI Joglo sakit atau tertimpa musibah, anggota yang lain pun tak sungkan untuk membantu. Selain kekeluargaan dan kepedulian yang kuat, menurut Triyono, ada hal lain yang juga bisa didapatkan ketika bergabung dalam klub otomotif. “Silaturahmi jelas, kekeluargaan oke, hal lain yang bisa kami peroleh di TRCI Joglo adalah pengetahuan otomotif dan hal lainnya, termasuk juga bisnis. Yang jelas memberikan manfaat untuk anggota juga kepada masyarakat melalui kegiatan sosial,” terangnya. sumber :solopos

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar